Ingin buka usaha tanpa modal? begini caranya

Rinso.my.id – Bagi kantong lemak saat lebaran, selingan bulan puasa adalah langkah yang tepat. Namun bagaimana jika Anda terbentur modal yang tidak mencukupi? Saat ini, tentu saja cukup untuk memulai bisnis dengan niat.

di Financia Consulting Eko Endarto mengungkapkan bagi yang tidak memiliki modal tetapi ingin berbisnis sampingan selama bulan puasa bisa menjadi reseller atau shipper.

“Sekarang modal tidak harus yang penting karena sistemnya berbeda. Padahal, modal mereka saat ini cukup kredit. Kata saat dipanggil detik.comSenin (29/3/2021).

Kalaupun ingin membuat produk sendiri seperti makanan dan minuman untuk berbuka puasa, menurut dia, tidak membutuhkan modal yang banyak. Siapkan uang kurang dari satu juta rupiah. Apalagi sekarang Anda tidak perlu menyewa tempat bahkan bisa menjual rumah.

“Sekarang tempat itu sudah tidak ada masalah lagi, sekarang tidak perlu ke pasar komoditas, mereka hanya perlu menunggu, memesan banyak barang secara online, oke. Jadi sebenarnya tidak perlu investasi besar lagi,” dia berkata.

Dihubungi terpisah, Andy Nugroho, financial planner Indonesia Consultative Group, meyakini reseller atau shipper tanpa modal selama bulan puasa bisa menjadi pilihan bisnis.

Misalnya, bekerja sama dengan pembuat kue untuk lebaran. Kami hanya mengiklankannya di media sosial. Begitu seseorang tertarik untuk membeli, kita harus memesan ke pembuat kue.

“Begitu pesanan diterima, dia mengambil barangnya dan dia hanya punya modal untuk membicarakannya atau mempostingnya di media sosial,” katanya.

Kalaupun ingin membuat produk sendiri seperti takjil untuk dijual sebelum puasa berhenti, menurut dia, cukup dengan modal Rp 100.000.

“Teman saya pernah punya sekitar 100.000 rupee. Saat itu dia sudah bisa menjual kue basah ke Takjil. Dia punya modal 100.000 rupee, dia untung sekitar 30%, itu sudah bersih.” Dia menambahkan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.