Cara mencairkan BLT Minyak goreng rp300.000, Ban[res Rp600.000 dan BSU Rp1 juta

Rinso.my.id – Syarat dan ketentuan minyak goreng BLTBantuan Subsidi Gaji (BSU) atau Subsidi Gaji BLT dan Efektif Banpres/BLT UMKM.

Bantuan ini akan disalurkan dalam waktu dekat. Rp 300.000 telah dibagikan untuk minyak goreng BLT. Sementara itu, BLT, subsidi upah satu juta rupiah untuk 8,8 juta pekerja, dan BLT UMKM sebesar 600.000 rupee untuk 12 juta pegiat usaha masih akan berakhir.

Selain BLT minyak goreng, tahun ini pemerintah mengembalikan subsidi upah (BSU) satu juta rupiah bagi pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta. 8,8 juta pekerja terbantu.

Di sisi lain, pemerintah sedang menyiapkan mekanisme penyaluran bantuan presiden kepada usaha mikro, kecil dan menengah (Banpres UMKM).

“Ini sebagai bentuk keberpihakan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak kenaikan berbagai komoditas akibat kenaikan di pasar internasional,” kata Wakil Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan II.

Baca juga: Jokowi bagikan minyak goreng BLT Rp 300.000, penjual terima Rp 1,2 juta

Pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng senilai Rp 100.000 per bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT akan diberikan pada bulan April, Mei dan Juni. Namun, pembayaran akan dilakukan sekaligus, yakni pada April 2022. Masyarakat yang memenuhi kebutuhannya akan menerima bantuan senilai Rp 300.000.

BLT menyediakan minyak goreng untuk 23 juta. Rinciannya, 20,5 juta keluarga masuk dalam daftar penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) dan 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL).

minyak goreng BLT

Bagi yang ingin tahu apakah Anda termasuk dalam kategori Penerima BLT, lihat di bawah ini:

Cara Cek BPNT Penerima Program BLT Minyak Goreng :

1. Buka halaman Cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi data yang diminta seperti wilayah dan nama Anda.

3. Ketik kode 8 digit, termasuk spasi yang ditunjukkan pada gambar.

4. Kemudian klik “Cari Data”.

Cara Cek BLT Penerima Minyak Goreng Untuk Program PKH :

1. Buka halaman Cekbansos.siks.kemsos.go.id.

2. Pilih nomor identifikasi yang digunakan untuk melakukan pencarian. Ada tiga pilihan, yakni nomor identitas yang terdaftar di Database Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Nomor Peserta BPJS Kesehatan, atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Masukkan nomor identifikasi di kolom berikutnya. Kemudian, isikan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Masukkan kode captcha sesuai dengan huruf yang ditampilkan di layar. Kemudian, klik tombol ‘Cari’.

5. Sistem akan memproses data yang dimasukkan dan mengeluarkan hasil informasi apakah terdaftar atau tidak. Kemudian, hasilnya akan ditampilkan di layar.

Sebagai catatan, pemegang rekening Czech Banzos dapat mendaftarkan dirinya, keluarganya, orang lain dan orang-orang yang tidak dapat lagi tinggal di lingkungannya.

Jika Anda ingin mendaftarkan keluarga Anda, status keluarga Anda harus dalam satu kartu keluarga.

 

BLT UMKM

Cara menyaring UMKM penerima BLT di BRI

Berikut cara cek UMKM penerima BLT di eform BRI yaitu:

1. Kunjungi halaman e-form BRI di https://eform.bri.co.id/bpum

2. Masukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Isi kolom kode verifikasi menggunakan kode yang tertera di layar 3. Kemudian klik Process Query

4. Selanjutnya layar menampilkan notifikasi kepada operator UMKM apakah sudah menerima BPUM atau belum.

5. Jika terdaftar sebagai penerima BPUM 2021, pelaku UMKM dapat menyalurkan dana bantuan dengan mendatangi langsung kantor BRI dengan membawa sejumlah dokumen seperti buku tabungan, kartu ATM, kartu identitas dan SPTJM (SPTJM).

Cara Cek BNI UMKM Penerima BLT

Berikut cara cek penerima UMKM 2021 di eform BNI:

1. Kunjungi halaman e-form BNI di banpresbpum.id

2. Masukkan Kartu Tanda Penduduk (NIK)

3. Klik Cari

4. Notifikasi di layar menunjukkan apakah pelaku UMKM sudah mendapatkan BPUM atau belum

5. Jika terdaftar sebagai penerima BPUM 2021, pelaku UMKM dapat menarik dana bantuan dengan datang langsung ke kantor BNI dengan membawa dokumen seperti buku tabungan, kartu ATM, kartu identitas dan SPTJM.

Persyaratan bagi UMKM penerima BLT

Warga Negara Indonesia (WNI), sebagai bukti KTP.

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari usulan yang diajukan oleh calon Penerima BPUM dari Pengusul BPUM beserta lampirannya.

Menyimpan Nomor Induk Usaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU).

Bukan PNS/PPPK (ASN).

Bukan prajurit TNI atau anggota polisi.

Bukan pegawai BUMN/BUMD.

Pinjaman Usaha Umum (KUR) saat ini tidak tersedia

BLT Subsidi Gaji

Kementerian Tenaga Kerja telah mengelola BSU pada tahun 2020 dan 2021 dengan beberapa ketentuan mengenai kriteria penerima dan besaran bantuan yang diberikan.

BSU 2020 IDR fokus pada pekerja/buruh yang berpenghasilan kurang dari 5 juta.

Pada tahun 2021, BSU menargetkan pekerja/buruh yang terkena kebijakan PPKM Level 3 dan 4 dan berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta, atau jika upah minimum di daerah itu melebihi Rp 3,5 juta, maka upah minimum yang bersangkutan. telah dipakai.

Sementara itu, pada tahun 2022, Menteri Tenaga Kerja menjelaskan bahwa kriteria penerima BSU sementara diperuntukkan bagi pekerja/buruh yang berpenghasilan kurang dari Rp 3,5 juta.

Basis data penerima BSU masih menggunakan data pekerja/pekerja peserta BPJS pekerjaan.

“Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp8,8 triliun untuk BSU 2022 dan satu juta rupiah untuk masing-masing penerima manfaat. Kementerian akan membahas kriteria dan mekanisme untuk BSU 2022.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.